Cara Downgrade MT4

Share

Software trading MT4 saat ini terdapat 2 jenis yaitu MT4 yang sebelum tahun 2014 (versi 509 atau kebawah), dan versi MT4 terbaru di tahun 2014 (versi 600 atau keatas).

Untuk MT4 versi 600 keatas ada perbedaan di cara instalasi robot dan indikatornya , karena mereka menganut perbedaan susunan folder dari MT4 yang sebelumnya. Sehingga ada beberapa program tambahan seperti Robot, EA, Indikator, Script, dll (terutama yang versi lama) yang mereka tidak dapat berjalan di versi 600 keatas atau tidak kompatibel.

Berikut akan kami beritahu panduan cara untuk mendowngrade MT4 anda dari versi 600 keatas menjadi versi 509, serta mencegah automatic update nya. HARUS DIIKUTI SECARA URUT !

  1. Periksa terlebih dahulu versi MT4 anda, yaitu jalankan software MT4 anda tersebut, lalu kliklah di menu HELP > ABOUT untuk melihat versi nya. Bila versinya adalah Build 509 maka anda tidak perlu mendowngradenya lagi. Tetapi bila versi yang tertera adalah 600 keatas maka anda bisa melakukan cara dibawah ini untuk mendowngradenya
  2. Pertama-tama, backup lah MT4 anda yang saat ini, dan juga data-data anda, yaitu di dalam program MT4 anda tersebut, klik di menu FILE > OPEN DATA FOLDER , dan copylah semua file yang berada disana untuk dibackup. Selain itu backup juga semua file dari folder instalasi MT4 anda yang saat ini ke media lain atau ke tempat folder direktori yang lain.
  3. Setelah itu, tutup program MT4 anda
  4. Pergilah ke folder instalasi dari MT4 anda tersebut, misalkan : C:\Program Files\{metatrader anda…..} , karena untuk persiapan merubah nama file berikut :
  5. file terminal.exe dirubah menjadi terminal-bak.exe
  6. file metalang.exe dirubah menjadi metalang-bak.exe
  7. file metaeditor.exe dirubah menjadi metaeditor-bak.exe
  8. file mql.dll dirubah menjadi mql-bak.dll
  9. download paket file Zip untuk MT4 versi 509 disini
  10. buka dan ekstrak-lah file paket ZIP tersebut ke dalam folder instalasi metatrader MT4 anda yang tadi (file paket itu tadi berisi file terminal-509.exe, metalang-509.exe, metaeditor-509.exe dan mql-509.dll)
  11. setelah berhasil diekstrak ke folder tujuan metatrader anda tersebut , maka rename atau rubahlah file dari isi paket tadi yang di folder metatrader anda menjadi berikut :
  12. terminal-509.exe direname menjadi terminal.exe
  13. metalang-509.exe direname menjadi metalang.exe
  14. metaeditor-509.exe direname menjadi metaeditor.exe
  15. mql-509.dll direname menjadi mql.dll (tapi bila MT4 anda bermasalah, maka file mql.dll ini bisa dihapus)
  16. PENTING !! Jangan jalankan dahulu MT4 anda sebelum melakukan hal di bawah ini sampai tuntas

HAL INI DIBAWAH INI PENTING DILAKUKAN JUGA AGAR TIDAK AUTOMATIC UPDATE LAGI SETELAH DOWNGRADE INI

Agar Mencegah MT4 tersebut dapat terdeteksi untuk di-automatic update lagi ke versi 600 keatas, maka anda harus melakukan hal berikut untuk pencegahan automatic update :

Untuk Windows versi 7 dan 8 : masuk ke folder : C:\ProgramData\MetaQuotes\WebInstall\mt4clw\

Untuk Windows server (biasanya di VPS) :  C:\Documents and Settings\All Users\Application Data\MetaQuotes\Webinstall\mt4clw

Ingat baik-baik folder \mt4clw ini.

CATATAN: folder direktori dari C:\ProgramData\ dan semacamnya biasanya disembunyikan oleh sistem windowsnya (hidden directory), jadi anda harus merubahnya ke UN-HIDE agar menampilkan isinya dan memudahkan anda.

Cara menampilkan file yang tersembunyi tersebut dan merubahnya ke UN HIDE adalah sebagai berikut : (masuk dahulu ke folder c:\ProgramData tadi)

  • Klik tombol START > Control Panel > Appearance and Personalization > klik Folder Options.
  • Klik View tab di bagian paling atas.
  • Dibawah Advanced settings, klik “Show hidden files, folders, and drives”, dan kemudian klik OK.

Setelah anda berhasil merubahnya, maka lakukan cara berikut untuk meng-gagalkan proses automatic update nya dengan memproteksi folder webupdate metatrader anda:

  1. masuk ke directory /mt4clw tersebut, dan pindahkan semua isinya ke tempat lain sebagai backup (di dalam folder /mt4clw tersebut harus dikosongkan jika tidak ingin diautomatic update nantinya), karena folder mt4clw tersebut adalah berisi file-file perintah agar bisa automatic update
  2. setelah dikosongkan, maka klik kanan dengan mouse anda di icon folder /mt4clw tersebut untuk masuk ke menu Properties nya.
  3. setelah muncul kotak propertiesnya, maka klik di bagian tabulasi Security di bagian paling atas di kotak tersebut.
  4. klik tombol Edit.. di dalam kotak tersebut untuk merubah permission nya. (atau menu untuk to change permissions)
  5. centang di bagian “deny” untuk merubah permissions semuanya (dari allow menjadi deny)
  6. Klik Apply dan OK bila sudah selesai
  7. ulangi langkah diatas di setiap user groupnya sampai selesai.

PERHATIAN: Setelah anda memproteksi automatic update itu maka seluruh MT4 anda di komputer tersebut tidak akan bisa mengakses direktori webupdate nya, sehingga proses automatic update metatradernya pasti akan digagalkan.

Tetapi bila dikedepannya anda ingin mengembalikannya seperti semula untuk bisa automatic update kembali maka anda harus merubah yang deny tadi menjadi allow lagi. (lihat diatas yang nomor 4 dan 5 untuk merubah permissions nya)

Dan bila hal diatas selesai dilakukan semua, maka anda bisa menjalankan software Metatrader (MT4) anda yang tadi, dan sudah terdowngrade menjadi versi build 509. Tetapi bila suatu kelak anda ingin merubahnya lagi kepada versi 600 keatas maka anda bisa mengembalikannya dengan file backup anda serta mengembalikan file permissions nya agar bisa automatic update kembali.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *